TV Game "Pacman" Atmega168


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Tulisan ini adalah sambungan TV Game 3in1 kemarin. Kalau anda jeli pasti anda akan curiga, kenapa di PCB nya ada 2 resistor tambahan, jumper dan header.
Dan inilah jawabannya. TV Game ke 2 adalah........"PACMAN" 👏🏼✨🎊🎉
Tapi ini Pacman versi hitam-putih ya 😁
Beda dengan TV Game 3in1 yang kemarin, TV game Pacman ini ada suaranya (musik & sound effeknya). Mirip dengan Pacman aslinya. Sebenernya sudah lama saya membuat TV Game Pacman ini. Jauh hari ketika saya masih bujang 😊. Waktu itu masih saya rakit di breadboard terus saya pamerkan ke teman saya. Masih ingat saya, bagaimana ekspresi teman saya. Temen saya senyum-senyum dan geleng-geleng kepala sambil merekam game ini di HP nya 😅

Terima kasih Haruhisa Udagawa, dialah yang membuat game Pacman yang keren iniSayang situs aslinya sudah mati. 
Tapi untung video di youtube nya masih ada.  Firmware/hex filenya bisa anda unduh di deskripsi youtube nya.
Saya juga sempat unduh situs dan firmware/hex filenya, jauh sebelum situsnya mati. Pernah juga hilang file nya gara-gara HDD saya rusak. Untung masih ada backup di GDrive saya. Untuk teman-teman, alternatif unduhan file selain di youtube Haruhisa Udagawa silakan anda ambil di sini

TV Game Pacman ini sebenarnya bisa menggunakan gamepad Sony Playstation/PSX. Dibutuhkan lagi satu mikrokontroller berjenis ATTiny2313 sebagai kontroler gamepad PSX nya. Tapi saya pilih versi tanpa ATTiny2313, pakai tactile switch saja. Untuk skema aslinya bisa anda lihat dibawah. 
Dan untuk PCB nya sama dengan TV Game 3in1 yang kemarin. Tinggal geser jumper dan pindahkan konektor gamepadnya.


Asli keren banget game ini. Hanya dengan Atmega168 dan beberapa komponen anda bisa membuat TV Game Pacman yang legenda itu. Sekali lagi terima kasih Haruhisa Udagawa

Sama seperti kemarin, saya menggunakan AVRdude untuk burning/programming Atmega168. Untuk seting fusebit nya:
fuses_lo = 0xc6
fuses_hi = 0xdf
fuses_ext = 0xf9
lock_byte = 0xff
Sekali lagi sederhana kan? Semoga tulisan sederhana ini bisa memberi banyak manfaat, terima kasih.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ






Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIY GORDAK 936A Solder Station (buat sendiri solder station)

T12 Solder Station Analog

DIY PIC K150 Programmer (Merakit Sendiri)