DIY GORDAK 936A Solder Station (buat sendiri solder station)

UPDATE TERBARU 18/03/2021 Solder Station baru, model T12 
UPDATE TERBARU 19/08/2020 (Kesalahan Sensor Panas & Kaki/Kutub Thermocouple) 

Awal mula solder yang menemani saya adalah goot TQ-77 (solder tembak). Setelah sekian lama berkelana (hingga kalimantan dan sulawesi) tiba saatnya untuk mengganti mata soldernya yang sudah mulai pisah ranjang dengan si timah. Coba cek ke toko langganan, ternyata harganya Rp, 125.000. Kalau lihat harga segitu rasanya kok ya sayang, apalagi cuman buat mata solder. Padahal solder kw china-an model goot cs-30 aja sekitar +/- Rp, 50.000'an. Setelah meneliti, menganalisa dan mengamati ...hehehe.... akhirnya kepincut beli juga solder china'an merek c**y. Sampai dirumah coba test, ternyata cukup panas juga, siiiip!!! Coba solder sana-sini tenyata panas sekali, cepet leleh timahnya. 1 jam nyala, gagangnya ikut panas juga. Makin lama dipakai makin puuuaaanas, sampai-sampai bautnya melelehkan pangkonnya....waduuuh!!! Akhirnya solderpun lepas dari gagangnya....walaaaah!!! Tidak cukup disitu aja, seminggu kemudian akhir mati juga soldernya (Ooh ala...Seket ewu ae kate njaluk slamet)......hehehe...

Capek lihat solder yang pada tergeletak, akhirnya buka-buka google. Tidak sengaja lihat DIY Hakko 936A Solder Station. Lihat modelnya mirip solder yang dipakai teknisi-teknisi hp. Wah menarik nih, cek ke tokoped** dan bukalap** ternyata ada yg jual murah, sekitar 200 ribuan. Tapi bukan hakko lho. Sempat kepikir mau beli lagi. Setelah berpikir......gimana kalau buat sendiri. Akhirnya menggali google di mulai lagi dan ternyata banyak sekali jenis soldernya. Terutama tipe sensor panasnya ada yang menggunakan thermistor adapula yang thermocouple. Belum lagi karakteristik element heater dan sensornya. Tambah bingung......?#*$%@"#&

Setelah melihat review di luar sana sebenarnya saya ingin membuat solder stationnya hakko. Tapi ternyata disini soldernya susah carinya (atau saya yang nggak tahu), belum lagi komponennya. Daripada beli diluar, akhirnya saya putuskan untuk menggunakan solder yang umum beredar disini. Cari di tokoped**, Alhamdulillah lihat harga soldernya ternyata masih bersahabat dengan dompet. Begitu barang datang, segera saya cek karakteristik heater dan sensor nya. Ternyata solder yang saya beli menggunakan sensor thermistor thermocouple. Kebanyakan solder-solder yang dijual disini modelnya mirip hakko tapi karakter heater dan sensornya berbeda. Yang membedakan adalah karakter tahanan heater dan thermistornya thermocouplenya. Untuk hakko A1321 anda bisa baca disini:
 http://www.eevblog.com/forum/reviews/genuine-vs-fake-hakko-936-ceramic-heater-a1321/msg239393/

HAKKO 936A/A1321
Heater: <5 ohm
Thermistor Thermocouple: +/- 50 ohm (suhu ruangan rata-rata)

JENIS YANG SAYA BELI
Heater: +/- 14 ohm
Thermistor Thermocouple: <5 ohm (suhu ruangan rata-rata)

Bongkar 1
Bongkar 2
Heater
Thermocouple

Cara menguji & mencari kutub kaki thermocouple

Set AVO meter/ Digital Multimeter ke DC 200mV
fgdfgdfg
Kutub +

Kutub -





Terus terang awal-awal saya sempat bingung mau merakit solder station yang mana, karena saya harus cocokkan karakter heater dan sensornya. Ada yang sederhana ada pula yang komplek, baik yang menggunakan kontrol analog maupun digital. Kebetulan ada salah satu situs yang membuat solder station Gordak 936A. Seingat saya produk gordak di jual di indonesia dan setelah saya baca ternyata karakter heater dan sensornya sama dengan solder yang saya beli. Alhamdulillah cocok!! Akhirnya saya putuskan untuk membuat yang analog. Disamping lebih murah komponennya, juga mudah didapat.
http://people.overclockers.ru/GhostPVV/15676/Kopiya_prostoj_payalnoj_stancii_Gordak_936A_variaciya_na_temu_klassiki_Hakko_936/

Baiklah!!! Siap kan daftar belanjaan anda.....
Komponen: 

R 150/2 watt .... 2x
R 10k .... 4x
R 5k1 .... 1x
R 3k3 .... 1x
R 360k .... 1x
R 470 .... 3x
R 150k .... 1x
R 1k .... 1x
R 100 .... 1x
R 51k .... 1x
R 1M .... 1x

VR 2k2 trimpot .... 2x
VR 100k pot .... 1x

C 220uf/35v .... 3x
C 47uf/50v .... 1x
C 680nf (684) .... 1x

D 1N4007 .... 1x
LED merah .... 1x

TL431A .... 1x
MAC97A6 .... 1x
BTA08-600C .... 1x
LM324 .... 1x
Trafo 24V/5A .... 1x  (Kemarin sempat pakai trafo 3A, awal kepanasan kemudian terbakar)
Solder........1x (biar gampang carinya & saya bukan promosi yaa. Saya dulu beli di sini)
Konektor CB 5 pin male .... 1x

Tambahan:
Alat ukur suhu digital, untuk kalibrasi suhu. salah satunya seperti ini


Hakko 191
(Kalau nggak ada ya tidak masalah, dikira-kira saja)

Untuk skema nya saya tidak ada. Dari sumbernya juga sudah tidak ada. Dan saya hanya melihat susunan komponen dan sambungannya. Untuk skema silakan lihat update dibawah. Untuk gambar silakan lihat di bawah ini.





Untuk jalur sambungannya




Sederhana kan. Bahkan LM324 hanya menggunakan 2 opamp saja. Seharusnya cukup menggunakan LM358 aja biar lebih hemat lagi. Barangkali ada yang mau mencobanya? Silakan saja. Kalau saya tetep pakai LM324 saja biar gampang buat jalurnya, tinggal lihat jalur diatas.

PCB rakitan saya
Untuk pinout FEMALE solder nya:
Pin 1: Heater ~
Pin 2: Heater ~
Pin 3: ESD (Tambahkan resistor 1M lalu sambungkan ke bumi)
Pin 4: Thermistor (+) Thermocouple (-)   
Pin 5: Thermistor (-) Thermocouple (+)

Pinout diatas untuk pinoaut FEMALE milik gagang solder ya bukan pinout MALE yang di casing yaa !!



Kebetulan saya tidak memiliki alat ukur suhu digital. Jadi solder station saya kemungkinan tidak presisi suhu nya.

+/-24V AC
Tampak semuanya
Alhamdulillah Gordak rakitan sendiri jadi. Tinggal cari kotak agar tampil lebih cantik. Akan saya update lagi kalau nanti sudah masuk dalam kotak................. Ngantuuuuk

UPDATE!!!! (25 Maret 2017 22:08)

Sesuai janji saya, saya tampilkan solder station dalam kotak. Mohon maaf sebelumnya, karena kesibukan baru sekarang saya bisa tampilkan.

Untuk trafonya saya ganti yang 5 Ampere. Trafo 3A saya kemarin kepanasan terus terbakar. Setelah saya ganti 5A jadi aman. Menurut artikel-artikel yang saya baca harusnya trafo 3A cukup, mungkin karena trafo 3A saya nggak murni.

langsung saja, kotaknya saya buat dari Power Supply PC HP bekas. 

Full Armor
 Untuk gagang solder dan gantungan timah, saya ambil dari duduk solder. Beli di toko elektronik banyak.

Tanpa saya cat, biar kelihatan natural :-)

Dalamnya padat, trafo 5A + PCB


ACBell Power
UPDATE LAGI

Semoga skemanya sudah bener, silakan ambil disini




Semoga bermanfaat

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ



Komentar

  1. Balasan
    1. banyak om. yang jarang kita lihat paling cuma ini
      TL431A .... 1x
      MAC97A6 .... 1x
      BTA08-600C .... 1x
      dan itu banyak kok, saya cari nya di pasar genteng.
      kalau mau lebih santai cari aja di toko online, seperti toped atau bukalapak

      Hapus
    2. Kang bisa tolong dibikinin gak soal ya sya gak punya alat2 dan bahan2 ya dan takut resiko kesetrum

      Hapus
  2. Balasan
    1. saya nggak pakai skema om....langsung lihat gambar2 diatas. ada sih skema yang mirip2, tapi beda sama yang diatas

      Hapus
  3. mas saya bikin kok gk bs di kecilin ya panasnya..sampai merah soderny..mhon bntuanya..sder mnggunkn merk cellkit .
    heater hmbatanya 14ohm termistor 1,23 ohm..pa krena hmbtan termistorny yg kurg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya termistor cellkit berbeda karakternya dengan jenis solder saya rakit diatas (model gordak 926a). Coba ganti soldernya, murah kok Rp 28.000 belum ongkir yaa.
      dulu saya belinya disini:
      https://www.tokopedia.com/mitrabersama/kepala-solder-936-cewek

      Hapus
  4. bang,mau tanya..kalau soldernya led merah nya idup nya bentar trus mati lagi, akibatnya solder lambat panas,,itu masalahnya dmana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya LED merah berkedip-kedip itu memang indikator bahwa panas solder telah sesuai? semakin kita putar potensiometer ke kanan (searah jarum jam) semakin panaslah solder kita. Dan LED merah akan berkedip-kedip sebagai tanda/indikator panas solder telah tercapai.

      Hapus
  5. mantap sakti men,sampeyan ijin nyimak... salam

    BalasHapus
  6. Kalau sumber powernya mau dari baterai laptop 19.5vdc 3A kira2 yang dirubah apa nya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas, kalau pakai DC saya malah belum perna coba. kalau saya baca di forum2 luar, banyak yg pakai adaptor laptop 19.5v ini. silakan dicoba saja mas, dan infokan ke kita bagaimana hasilnya hehehe

      Hapus
    2. huehehe.. kok ditanya balik, makin bingung eike. Btw, thx mas tutor diatas, sy lagi coba buat layout di diptrace biar lebih cantik tampilannya. Dari layoutnya si mas, tolong di infoin :
      1. warna kabel + dan - dari trafo
      2. warna kabel sensor + dan -
      3. warna kabel heater
      Maaf banyak tanya mas, sekali lagi trims tutorialnya

      Hapus
    3. Pakai adaptor laptop tinggal kasih stepdown buat atur panas,,, yg di pakai cuma heater1 dan 2 aja,,!! :-)

      Hapus
    4. mungkin maksudnya adjustable stepdown, ya.

      Hapus
  7. Tr bt 136 lebih bagus dari tr08a-600c..jafi gak perlu murni trafonya....kalo mata solder membara sepeti api dan sldr g bs di kecilin...biasanya psg elemen soldernya terbalik yg + ke-...jadi jalur -yg melewati potensio bukan jalur + .ya gak bisa dikecilin...pasang elemen diperhatikan jalur kawat yg plg panjang ketika kita beli elemen solder biasanya jalur +...

    BalasHapus
  8. Terus ganti..potensiometernya yg 20k.. 100k...kebesaran bikin kita bolak balik melulu ketoko elektronik kalo langsung kepincut postingan yg kurang afdol

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih infonya.....iya memang ini posting pemula. dan saya juga pemula dalam hal elektronik. harap maklum yaa gan.

      Hapus
  9. Maaf tadi sy salah ketik buru buru...utk thermistor + di terminal bc5pin dino:4 disambungkan di pcb gagang solder di no 2 dari bawah..perlu di perhatikan bila membeli elemen solder station..utk colokan cewek atau cowok tanya dulu ketoko.. biasanya kalau utk colokan cewek yg paling panjang kawat dgn warna hitam...kalo utk colokan cowok kawat elemen paling panjang wrn merah..walaupun tegang ac..tetep gak boleh terbalik..karna dirangkaian ada dioda 4007..menekankan jalur +..kalo terbalik udh beda tahanan ..jadi gak bisa di kecilin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul.....kemarin2 saya ada yang tanya soal kutub thermistor...pas saya lagi repot jadi agak bingung juga terus saya edit tulisan saya. padahal sejak awal untuk kutub thermistor sudah betul (lihat gambar, saat saya menguji nilai thermistor). sekarang sudah saya kembalikan ke awal tulisana saya.

      (+)thermistor pin no 4
      (-)thermistor pin no 5

      Hapus
  10. Saya pake solder station buatan gordak 936a tapi saya merasa panasnya kurang, mohon saran cara modifikasi supaya panasnya bisa lebih tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya sudah cukup panas lho gan.....coba ganti mata solder tipe lain. beli mata solder dengan beberapa macam jenis ujungnya, seperti yang saya punya diatas.

      kalau untuk melelehkan timah di PCB coba gunakan pasta flux biar cepat meleleh timahnya. saya sudah coba solder ini untuk melepas coil pada motherboard PC dan berhasil lepas dengan mulus. yang pasti gunakan flux dan mata solder tipe pisau untuk melepas komponen yang kaki solderannya besar.

      Hapus
  11. Klo sambung ke bumi maksud nya apa ya min ??

    Tolong pencerahannya ??

    BalasHapus
  12. Min sya punya solder station BAKU 936E uda gk panas soldernya kira2 apanya yg rusak di tunggu jawabanya WA 081243194432/susantogmc@gmail.com

    BalasHapus
  13. Min sya punya solder station BAKU 936E uda gk panas soldernya kira2 apanya yg rusak di tunggu jawabanya WA 081243194432/susantogmc@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf saya nggak bisa jawab, karena saya tidak tahu sama sekali spesifasi solder Baku.

      Hapus
  14. Gan... Apakah ini bisa di pake untuk solder uap jga. Mkash sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak bisa mas....kalau mau pake solder uap, ada rangkaian dan soldernya khusus. sialakn cari di google.

      Hapus
  15. makasi skema nya gan...ane punya udh jadi..box ny ane buat dari triplex tebal..tinggal kalibrasi suhu aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 gan....semoga bermanfaat.
      ngomong2....mari keren casing solder saya kan....hehehehe

      Hapus
  16. Kalo buat solder uap tipe 850 atau 850a bisa gak ya gan??Dan cara cek Heater dan sensornya gimana ya gan??

    BalasHapus
  17. Ane sudah sesuai gambar .. komponen juga sudah sesuai .. namun kenapa nyetrum dan tidak ada effect panas nya ya gan ??

    Mohon pencerahannya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan solder yang anda beli spesifikasinya sama dengan rangkain diatas. coba cek sekali lagi berapa nilai heater dan thermistor nya.
      mohon maaf, untuk kutub thermistor sudah saya edit kembali. kemarin pas kebingungan saat ada yang tanya.

      pada solder (female)
      thermistor(+) pin 4
      thermistor(-) pin 5

      Hapus
  18. Biasanya kalo solder udah lama dipakai trus g panas..atau baru merakit trus gak panas ada yg kurang nempel gan alias putus jalur yg lima kabel dan bisa juga putus kawat email yg terbungkus di elemen keramik solder station

    BalasHapus
  19. Balasan
    1. Ct atau non ct sama aja, yg penting keluarannya ac 24v. Maaf admin saya bantu kalau salah tolong dibenerin lagi

      Hapus
  20. milikku dinyalain koq cuma lampu led nyala lalu mati lagi apanya ya yang rusak,,,udah aq ganti gagang solder...merk cody 936a

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kurang tahu solder merk cody karakteristik nya bagaimana. pastikan karakteristik soldernya
      Heater: +/- 14 ohm
      Thermistor: <5 ohm (suhu ruangan rata-rata)
      cara ukurnya seperti gambar diatas

      Hapus
    2. saya dulu beli disini
      https://www.tokopedia.com/mitrabersama/kepala-solder-936-cewek

      Hapus
  21. konektor radio komunikasi/CB dll
    kalau mau beli online (toped atau buklap), coba ketik "konektor cb" pilih yang 5 pin yaa, sesuai dengan pin gagang soldernya

    BalasHapus
  22. mas komponen C 680nf (684) itu berapa volt???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Capacitor non polar biasanya mampu volt tinggi (50V keatas). makanya jarang menyebutkan voltnya, kecuali capacitor jenis polar. beli aja yang 680nf (murah): mylar, multilayer atau (agak mahal): MKT, MKP

      Hapus
  23. mas rangkaiannya menggunakan trafo 3-5A kl saya kasi 10A bermasalah gak ke komunen?? trafonya adanya 10A

    BalasHapus
  24. maaf gan mau tanya...
    di schematic, antara heater dan thermistor gak kebalik kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul gan, pin2 terbalik. gambar skemanya sudah saya koreksi
      terima kasih sudah di ingatkan.

      Hapus
    2. maaf ternyata betul rangkaian yg pertama. sekarang sudah saya koreksi balik.

      Hapus
  25. Balasan
    1. waktu buat saya pakai satuan mil, kalau dikonversi kesatuan mm:
      84,582 x 56,388 mm

      silakan anda lihat diatas lagi, sudah saya update dengan menambahkan gambar berserta layout ukuran

      Hapus
    2. Mas bro pin heater itu pin elemen bukan?

      Hapus
    3. sudah saya koreksi, terima kasih sudah dikoreksi. saya sering bingung antara konektor male (PCB) dengan konektor female (solder)

      Hapus
  26. Guru solder station sy rusak tipe cellkit 936a rangkaian pake bta08 600c juga ,awal mula lupa matikan,skrng LED g mau nyala,apa yg rusak ya ,trafo masih keluar AC 27volt guru,tolong watsp 085895290087

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan dicek terlebih dahulu soldernya. cek heater dengan kontinuitas/cek suara tiiit dengan avo digital/DMM. kemudian cek nilai tahanan thermistor (suhu ruangan). cek tegangan DC setelah diode 4007. cek juga tegangan yang masuk ke ic kaki 4 (+) kaki 11 (-).

      Hapus
    2. tolong jangan panggil saya guru....panggil dengan mas/pak/dik/kak
      terima kasih

      Hapus
    3. Ya mas ,un untuk pin heater sydsusy cek via avo digital terhubung tidak putus,
      Untuk thermisitor juga terjuterh tidak putus,besok cek tegangan dioda 4007 mas

      Hapus
  27. Kalo ada akun FB sy mau kirim foto pcb nya mas

    BalasHapus
  28. Om maaf boleh minta kirimkan daftar komponennya apa aja? Brapa watnya dllnya. Ke email saya om. Trimakasih

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  30. Pake DC 24 volt bisa ga,,penjelasan di atas kn pk AC24 volt?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya bisa, berhubung saya tidak punya adaptor/PSU DC24V jadi belum perna diuji. kalau pake DC maka konektor Power/Trafo yang menuju Diode, itu kutub POSITIF nya. sedangkan yang menuju kaki negatif Elko adalah kutub NEGATIF nya

      Hapus
  31. maaf mau tanya gan untuk travonya namanya apa gan ? apa sama dengan travo yang biasa di buat ampli ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya trafo yang biasa dijual toko2 komponen elektronik/trafo ampli pada umumnya

      Hapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  33. Gan,itu ada 2 buah trimpor cara aturnya gimana ya?tlong d jwb gan trimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kecuali anda punya alat kalibrasi panas nya...silakan diatur 2 trimpot tsb agar panasnya presisi. berhubung saya tidak punya, yaa saya biarkan dalam posisi tengah

      Hapus
  34. Halo guru.
    Share dong cara pasang reed sensor atau sensor di blower

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf mas, saya belum perna rakit solder blower....jadi kurang begiru paham sensor nya....setahu saya sensor reed itu di gerakan oleh magnet, tapi untuk solder blower sekali lagi saya kurang tahu

      Hapus
  35. mf gan kalo boleh tanya bagian heater catu daya nya mentok brapa vol gan mohon penjelasan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya belum perna ukur.....kebetulan soldernya sudah saya kemas, mau pindah rumah

      Hapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  38. Balasan
    1. pastikan tipe solder anda sesuai spek gordak (tertulis diatas). coba putar potensio ke maksimal. semoga sukses

      Hapus
    2. Sdah bisa akhirnya dengan sedikit modifikasi rangkaian dan tegangan masukan. Output bisa mncpai 500°C an maks.

      Hapus
    3. selamat akhirnya sukses juga 🎉🎊
      wooow 500ºC apa nggak membara itu soldernya 😱😱..... kalau berkenan boleh di share modefikasi nya apa saja?

      Hapus
  39. Maaf saya pemula
    Untuk pcbnya beli dmn Hu

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru membalasnya. pakai pcb lubang2 (lubang ic) saja. kalau mau lebih baik lagi buat pcb sendiri aja. lihat di youtube banyak caranya

      Hapus
  40. Kalau karakter / spesifikasi gagang solder 858D 8 kabel tahu ga pak? Atau paling ga kira2nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya:
      1&2 = heater
      3&4 = Thermistor/Thermocouple + reed switch
      5&6 = AC Fan/Blower
      7 = reed switch
      8 = ESD

      http://e1ectro.blogspot.com/2017/02/diy-desoldering-station-for-25.html

      Hapus
    2. https://www.hackster.io/makerbr555/diy-smd-rework-station-28b6f5

      https://www.eevblog.com/forum/reviews/youyue-858d-some-reverse-engineering-custom-firmware/

      http://blog.spitzenpfeil.org/wordpress/projects/youyue-858d-hotair-station-modifications/

      https://github.com/madworm/Youyue-858D-plus

      https://www.youtube.com/playlist?list=PLONcxJMOrdyeYuEgM6qhCllZelN6gPjrT

      https://www.instructables.com/id/858D-SMD-Hot-Ait-Reflow-Station-Hack/

      Hapus
    3. https://hackaday.com/2017/05/25/hack-your-hot-air-station/

      Hapus
  41. Solder saya lampu control nyala terus jadinya solder panas sekali gak bisa di atur temperaturnya,,, tlg solusinya gimana,,, pakai ic LM 358p

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan karakter element soldernya,
      Heater: +/- 14 ohm
      Thermistor: <5 ohm (suhu ruangan rata-rata)

      kalau sudah sama, coba gunakan LM324N terlebih dahulu.

      Hapus
  42. Gan pengganti tr bta06 sma mac97a6 apa ya gan , nyari blom ktemu"......

    BalasHapus
    Balasan
    1. mac97a6:
      https://www.tokopedia.com/search?st=product&q=mac97a6

      https://www.bukalapak.com/products?utf8=%E2%9C%93&search%5Bkeywords%5D=mac97a6&search%5Bsort_by%5D=price%3Aasc

      BTA08-600C:
      https://www.tokopedia.com/search?ob=3&st=product&q=BTA08-600C

      https://www.bukalapak.com/products?utf8=%E2%9C%93&search%5Bkeywords%5D=BTA08-600C&search%5Bsort_by%5D=price%3Aasc

      Hapus
    2. Kalo d ganti pke bt136 semua bisa gak ya gan kira"?

      Hapus
    3. dicoba aja gan. bt136 i nya 4A, sedangkan BTA08 sampai 8A

      Hapus
    4. Wduh ttp gk brhsil gan , sya coba gbti pke bta06 pdhal spek solder sama persis...

      Hapus
    5. kalau boleh tahu, gagalnya seperti apa ya?

      Hapus
  43. Mungkin komponen nya gan gak sesuai dg list , bta06 sya gnti bt136 , mac97a6 sya gnti pke bt131 , trus ic pke 4558 bkn lm324

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini cara saya sebagai pemula, coba rakit dengan skema dulu. kalau sudah sukses, silakan satu persatu dicoba ganti komponen persamaanya

      Hapus
  44. Mas... Saya sudah merangkai sesuai dngan petunjuk sampean... Alhamdulilah sukses... Cuma ada satu masalah....led sudah kedip2 padahal heater belom panas... Kedua Trimpot 2k2 nya saya putar tepat di tengah, kira 2 kalibrasinya bagaimana mas biar imdikator led berkedip saat benar2 mencapai suhu yg di inginkan.... Suwun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesuai tulisan saya, karena saya tidak memiliki alat ukur panas maka solder station yang saya rakit ini tidak terkalibrasi dan pastinya tidak presisi (asal nyala saja). untuk posisi potensio trimmer nya saya set di tengah.

      coba cek jenis mata solder anda, pastikan sama karakteristiknya dengan yang saya tulis. kamudian cek rangkainan elektroniknya.

      jujur untuk mata solder model 936 sudah banyak modelnya dan beda karakteristiknya. sepertinya lebih enak pakai solder T12. rencana kedepan saya mau rakit solder station yang T12. kemungkinan saya buat solder station T12 analog dulu saja, biar cepet. berikutnya mungkin yang pakai LCD.

      Hapus
  45. Balasan
    1. sepertinya di toko2 online mulai banyak yang jual pcb nya. karena saya tidak perna membelinya maka saya tidak tahu jenis mata solder apa yang sesuai.

      Hapus
  46. asalamualaikum pak, saya sangat kesusahan cari komponen di atas, boleh saya memesan dari anda pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. di toko online banyak kok pak. kalau boleh tahu komponen apa yang susah didapat.

      Hapus
  47. Mau tanya pak, solder saya merk sunkko tapi lampu led tidak mau berkedip walaupun sayq set di paling minimal. Mohon eolusinya. Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. sunkko tipe apa? ini solder jenis apa? T12 clone apa 936 clone? tulisan ini buat rekan2 yang pingin rakit sendiri solder station. kalau anda tanya cara servis solder station, mohon maaf saya belum pernah punya solder station buatan pabrik. jadi saya kurang paham cara memperbaikinya. tapi ada sedikit tips, anda cek komponen2 aktifnya terlebih dahulu (karena biasanya jumlah lebih sedikit). seperti diode, transistor, ic regulator, FET, Triac atau ic. baru setelah itu komponen2 pasif seperti resistor dan capasitor.

      Hapus
  48. Type 936 bang. Oke makasih infonya, semoga selalu sehat

    BalasHapus
  49. Balasan
    1. coba gagang soldernya di bongkar dulu. gagang model ini (tipe 936) umumnya terdiri dari 3 bagian:
      1. element solder (memiliki 2 kaki)
      2. Thermocouple (memiliki 2 kaki)
      3. Ground/Earth/Bumi ( memiliki 1 kaki)
      jadi total ada 5 kaki utama.

      untuk mengetahui bagian mana yg element solder atau thermocouple, gunakan avometer.

      - element solder (tidak memiliki kutub): set avo ke posisi continuity test/buzzer. cari 2 kabel yang short/bunyi beep.
      - thermocouple (memiliki kutub): set avo ke DC 200mV. Siapkan air panas atau korek. pada saat thermocouple dipanasi maka menghasilkan tegangan dalam jumlah kecil.
      - Ground/Earth/Bumi: set avo ke posisi continuity test/buzzer. cari kabel yang short/bunyi beep dengan body solder.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

T12 Solder Station Analog

DIY PIC K150 Programmer (Merakit Sendiri)