Minimum System Arduino

 


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Alhamdulillah ketemu lagi rekan-rekan, kali saya ingin tulis singkat saja. Sebenarnya sudah banyak sekali tulisan soal bagaimana membuat Arduino Sistem Minimum/Minimum System Arduino. Cuma saya ingin menunjukkan ke rekan-rekan bagaimana Minimum System Arduino versi saya. Kedepan saya akan sering menggunakan papan PCB Minimum System Arduino dengan SHEILD khusus yang saya buat. 

Setelah beberapa kali membuat rangkaian elektronik, rasanya metode penggunaan SHIELD seperti nya lebih ekonomis.  Dan sekarang banyak komponen terutama mikrokontroller yang mulai langka dan harganya pun terus merangkak naik.

Untuk skemanya standart saja, mendukung bootloader "Minicore" karena VCC bisa diset 5V & 3V3 dengan clock int 8MHZ.
Seperti biasa untuk PCB saya gunakan lubang-lubang.
Contoh hasil jadinya dan kalau kita pasang SHIELD nya.
Jadi bisa ditumpuk, model sandwich seperti foto disamping ini. Selain itu memudahkan saya dalam membuat jalur PCB nya disamping hemat komponen juga. Lumayan irit kan?

Baiklak cukup sampai disini tulisan pendek saya hari ini. Semoga bermanfaat, terima kasih. 


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIY GORDAK 936A Solder Station (buat sendiri solder station)

T12 Solder Station Analog

DIY PIC K150 Programmer (Merakit Sendiri)