TV Game 3in1 Atmega168


 
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Alhamdulillah ya Rabb atas semua nikmat & karuniaMu ini, semoga tulisan sederhana ini mendatangkan keberkahan bagi kita semua. 

Kalau tulisan yang dulu, kita sudah membuat TV Game PONG (lebih tepatnya emulator ic AY-3-8500/1). Sekarang kita coba buat TV Game yang menarik lagi, sayangnya game ini tanpa suara. Tapi menurut saya TV Game ini cukup menyenangkan untuk dirakit meskipun tanpa suara. Kemarin sore, anak saya yg kelas 1 SD senang sekali main "Sokoban". Meskipun selalu minta dibantu meyelesaikan di tiap levelnya 😁.

Dibuat oleh Ben Ryve's, awal mula TV Game ini hanya tetris dan snake. Kemudian oleh Martin Sustek ditambahkan 1 game Sokoban, sehingga menjadi TV Game 3in1. Sayang link tulisan dan file Martin Sustek sudah mati. Alhamdulillah saya masih menyimpan kedua file tersebut. File source code 2in1 game Ben Ryves dan file hex 3in1 versi tambahan Martin Sustek (Link mati).

Untuk mikrokontroller yang digunakan adalah Atmega168. Buat yang ingin tahu harga mikrokontroler Atmega168, ini invoice terakhir saya beli Atmega168, pas ada gratis ongkir nya.
Semenjak Covid harga barang-barang pada naik semua, ditambah lagi ada perang Ukraina-Rusia 😩. 

Baiklah kita mulai, untuk skema nya bisa anda lihat dibawah ini.

Terkadang saya terpesona dengan kemampuan komponen yang bernama mikrokontroller ini. Bayangkan hanya dengan 6 komponen, anda sudah bisa membuat TV Game sederhana.

Pingin rasanya saya belajar bagaimana cara memprogram mikrokontroller. Tapi setiap saya baca/belajar cara coding/pemrogramman mikrokontroller, semakin bingung saya 😁. Kalau orang jawa bilang "ora mudeng babar blas...... 😅" 

Maksud hati pingin bisa coding tapi apa daya kemampuan sebatas ini. 

Sudahlah!! yang penting harus sering-sering bersyukur.
Lanjut, untuk PCB seperti biasa saya menggunakan PCB berlubang.

Saya gunakan PCB kecil ukuran 5x7cm, jadi kontrollernya terpisah. Tersedia juga konektor ISP, memudahkan kita programing mikrokontrollernya.

 Beberapa foto PCB jadinya.


File hex bisa anda unduh di sini. Untuk upload file hex, seperti biasa saya gunakan AVRISP MKII andalan saya.

Untuk software tetap menggunakan AVRDude 7.0 ditambah dengan GUI AVRDUDESS.


Seting Fusebit:
fuses_lo = 0xc6
fuses_hi = 0xdf
fuses_ext = 0xf9
lock_byte = 0xff

Anda bisa lihat youtube ketiga gamenya.


Insya Allah tulisan berikutnya masih tentang AVR TV Game. Terima kasih, semoga bermanfaat.
 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIY GORDAK 936A Solder Station (buat sendiri solder station)

T12 Solder Station Analog

DIY PIC K150 Programmer (Merakit Sendiri)