Memperbaiki Switch/Saklar Bor Cordless 12V NRT Pro



السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Awal tahun 2018 saya pertama beli bor cordless 12V merek NRT Pro ini, saat itu harganya masih Rp, 360.000 belum termasuk ongkir. Ada kisah menarik ketika saya pertama kali menggunakan bor cordless ini. Sampai akhirnya NRT Pro saya tergeletak didalam hardcase lagi selama beberapa tahun. Betul sekali, beberapa tahun.

Foto disamping adalah bukti kisah tragis bor NRT Pro milik saya jatuh dari ketinggian 2-3m di hari pertama kerjanya 😭😭. Hari pertama kerja sudah membuat chuck/kepala bor pun patah dari casing gearbox nya.

Tahun 2018 terhitung awal bor-bor cordless 12V mulai muncul di toko online. Kalaupun saya mau cari suku cadangnya, bisa dipastinya susah. Kalau pun ada pastinya mahal. 

Sampai akhirnya saya putuskan untuk menyimpan kembali bor ini ke dalam kotaknya. Sempat juga terbersit untuk membuang bangkai bor ini daripada penuh-penuhin lemari. Tapi kok eman ya, kalau orang jawa bilang. Terpaksa balik kerja pakai obeng manual lagi. 

Terus kenapa waktu itu nggak beli bor baru lagi? Sakit hati saya 😤😤. Sudah keluar uang, alat belum sempat kepakai malah rusak duluan 🤬🤬😡. Belum lagi ditambah pertanyaan andalan istri "lho kenapa.....???" 😫😫😖😖

Setelah 4 tahun berlalu didalam lemari kerja, mungkin sekaranglah waktunya. Saya pikir untuk saat ini, suku cadangnya pasti sudah banyak tersedia dan mudah didapat. Karena sudah lama terbengkalai. untuk baterai pastinya sudah soak/rusak. Maka saya putuskan untuk membeli baterai baru juga. Coba cari-cari di toko online dan ternyata betul, sudah banyak yang jual suku cadang dan baterai bor cordless ini. Waktunya beli gearset, kepala bor dan baterai nya. 

Kemarin sempat juga bongkar baterainya, dengan harapan bisa memperbaikinya. Saya yakin yg rusak pasti hanya cell baterai nya. Jadi cukup kita ganti baterai 18650 yang lama dengan yang baru semua pasti beres. Kalau modul BMS nya kemungkinan besar masih aman. Dan ternyata saya salah prediksi. Rupanya tingkat kebocoran baterai 18650 sudah parah, sampai membuat korosif PCB dan plat nikel. Daripada ribet, maka saya putuskan beli baterai baru saja.

Singkat cerita bor ini dapat bekerja lagi. Sudah beberapa kali menemani kerja saat pemasangan cctv. Dan kemarin, tiba-tiba bor ini mati saat saya akan melepas sebuah skrup. Kalau saya tekan switch nya sesaat bor berputar kemudian diam. Sempat saya pukul-pukul beberapa kali, barangkali ada kotoran yang menghambat. Ternyata bor tetap diam tak berputar lagi. Saya memang sedikit paksa bor ini saat mau membuka skrup tersebut.  Dan sepertinya bor ini tidak cukup torsinya, karena memang berat sekali saat mau melepas skrupnya. Pada akhirnya saya lepas skrup dengan menggunakan obeng biasa. 

Sampai rumah, mulai lagi proses bongkar dan cek kembali. Awal saya pikir kendala gearsetnya, ternyata bukan. Tes motor/dinamonya ternyata normal juga. Kalau motor dan gearset normal, pasti kerusakkan ada di area switch/saklar nya. Sekali lagi cek suku cadangnya di toko online.  Ternyata suku cadang saklar ini tersedia juga. Rencana awal pingin beli saja tapi setelah berfikir beberapa saat, kenapa tidak coba perbaiki. Menarik juga pikir saya, mumpung masih belum ada kerjaan. Mengisi waktu luang sambil memanaskan solder. Sebenarnya harga saklarnya cukup terjangkau dan kebetulan banyak lapak yang memberikan gratis ongkir.

       

Sekali lagi karena pingin belajar, saya putuskan untuk membongkar dan memperbaiki saklar ini. 

Setelah dibongkar saya perhatikan ternyata dioda nya retak. Lalu saya coba lepas dioda dan mosfet nya. Biasanya dua komponen ini yang rentan kerusakan. 
Lanjut kita harus cek kondisi dioda dan mosfet.  Dan ternyata betul, dioda dan mosfetnya rusak.
Saklar bor cordless model ini menggunakan mosfet tipe 75NF75 dan dioda 1N5408.
Saya rasa komponen-komponen ini masih umum dan semoga mudah di dapat. Akhirnya saya coba cari di toko dekat rumah, Alhamdulillah ada kedua-duanya. Untuk harga mosfet Rp, 15.000 dan Rp, 1.000 untuk dioda nya. Harga ditiap kota pasti berbeda ya, bisa jadi harga komponen di tempat anda jauh lebih murah . Harga diatas adalah contoh harga di kota saya. 

Setelah selesai mengganti komponen yang rusak dengan komponen baru, tiba saat untuk menguji. Alhmadulillah akhirnya bor cordless bisa berputar kembali. Alhamdulillah lagi hanya dengan modal Rp, 16.000 bisa membuat bor cordless kita bekerja lagi. Kalaupun kita mau beli switch/saklar harganya kisaran Rp, 50.000, jadi lumayankan bisa berhemat sambil belajar perbaikan sendiri.

Semoga tulisan sederhana ini bisa membantu rekan-rekan yg ingin memperbaiki sendiri bor cordless 12V.
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ



Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIY GORDAK 936A Solder Station (buat sendiri solder station)

T12 Solder Station Analog

DIY PIC K150 Programmer (Merakit Sendiri)