AVRISP- MKII Clone Programmer (Bagian 1/2 - Compiling LUFA)


 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Melanjutkan kisah AVR USB Programmer/USBASP saya yang tiba-tiba error/ tidak dikenali windows, akhirnya saya putuskan untuk merakit kembali AVR USB Programmer. Mohon maaf untuk kali ini saya akan membuat AVRISP MKII Programmer versi Clone. USBASP nya kita tunda dulu, mungkin lain waktu. Tapi sebelum kita rakit AVRISP MKII, pertama kita harus siapkan firmware yang uptodate terlebih dahulu. 

Untuk membuat versi Clone AVRISP MKII ini saya menggunakan firmware dari  LUFA. The Lightweight USB Framework for AVR atau kita singkat LUFA saja. Hampir kebanyakan Clone AVRISP MKII yang beredar di internet menggunakan firmware dari LUFA ini. Terakhir yang paling uptodate firmware nya, adalah AVRISP MKII Clone milik olimex. Tapi yang saya inginkan adalah firmware terbaru dari Github LUFA. Maka untuk mewujudkannya kita harus kompile sendiri firmware nya. Sesuai dengan judul tulisan ini, "Compiling LUFA".

Jujur saya tidak punya background programmer. Kebetulan saya menemukan artikel bahasa Jepang, bagaimana cara kompile firmware AVRSIP MKII Clone ini. Setelah saya ikuti caranya, ternyata saya berhasil mengkompile firmware nya. Terima kasih "umelog.seesaa.net" untuk artikel yang sangat membantu. Baik lah kita siapkan file-filenya, sesuai yang di tulis oleh umelog.seesaa.net

3. Atmel AVR 8bit Toolchain (Register Terlebih Dahulu)
5. Doxygen.

Download Github LUFA


Setelah semua sudah anda download, siapkan folder khusus untuk lima file ini. 
Dari lima file diatas, MinGW dan Notepad++ yang harus diinstal. Sisanya cukup diekstrak saja. 


Install Notepad++ dan MinGW


Untuk MinGW, folder instalnya jangan diubah.

Setelah proses instal selesai anda pilih 3 paket di Basic Setup. Dan Apply Changes untuk menginstal 3 paket tersebut. Tunggu hingga selesai.


Kemudian kita seting Path Variable untuk AVR Toolchain, MinGW & Doxygen. Kebetulan saya membuat folder AVRISP MKII di Desktop. yang perlu kita masukkan adalah:

1. Folder MinGW\bin. 
    Contoh milik saya di C:\MinGW\bin 
2. Folder MinGW\msys\1.0\bin.
    Contoh milik saya di C:\MinGW\msys\1.0\bin
3. Folder avr8-gnu-toolchain-win32_x86\bin. 
    Contoh milik saya di  C:\Users\......\Desktop\AVRISP MKII\avr8-gnu-toolchain-win32_x86\bin
4. Folder doxygen-1.9.1.windows.bin. 
    Contoh milik saya di C:\Users\......\Desktop\AVRISP MKII\doxygen-1.9.1.windows.bin


Lanjut kita edit file makefile - LUFA dengan menggunakan software Notepad++. Jangan gunakan software Notepad bawaan Windows!!!

MCU = at90usb1287
ARCH = AVR8
BOARD = USBKEY
F_CPU= 8000000

Kita ubah menjadi:

MCU = at90usb162
ARCH = AVR8
BOARD = USBTINYMKII
F_CPU= 16000000

Kemudian save file.


Baiklah, saatnya kita mulai proses kompile. Buka
"Command Prompt", Run as administrator.

Buka folder dimana anda ekstrak LUFA, contoh milik saya di 
C:\Users\......\Desktop\AVRISP MKII\lufa-master\Projects\AVRISP-MKII 

Ketik "mingw32-make" (tanpa tanda petik), enter. Biarkan proses kompiling bekerja beberapa saat.

Kemudian proses kompile selesai dan akan muncul file hex dan bin difolder C:\Users\......\Desktop\AVRISP MKII\lufa-master\Projects\AVRISP-MKII. Tanda bahwa proses kompile berhasil. Jangan tutup "Command Prompt!!"

Kemudian kita buat dokumen dengan menggunakan Doxygen. Tetap di "Command Prompt" ketik "doxygen" (tanpa tanda petik) dan enter. Akan muncul folder "Documentation" sebagai tanda pembuatan dokumentasi telah berhasil.

Selamat, proses kompile dan pembuatan dokumen sudah berhasil semuanya. 
Bagi anda yang kesulitan mengikuti tulisan kompile ini, saya sudah menyiapkan video lengkap proses kompile nya, silakan lihat disini.


Bagi anda yang males kompile, silakan ambil file HEX dan software-software pendukung disini. Semoga tulisan ini dapat membantu anda. Tulisan berikutnya adalah proses perakitan AVRISP MKII Clone dan programing firmware menggunakan FLIP.
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ




Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIY GORDAK 936A Solder Station (buat sendiri solder station)

T12 Solder Station Analog

DIY PIC K150 Programmer (Merakit Sendiri)