Pony AVR Serial Programmer di Windows 10



السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sebenarnya saya menulis ini karena ingin mengabadikan moment yang terjadi saat ini. Kelak kalau ada yang membaca blog saya ini, setidaknya mereka bisa tahu bahwa saat ini kita sedang diuji oleh الله . Sekarang kami (umat muslim khusus nya), benar-benar diuji oleh الله, Kami tidak dapat sholat di masjid. Bahkan 2 masjid utama umat ini, masjid Haram dan Nabawi juga ditutup. Umroh ditutup, bisa jadi haji tahun 1441/2020 juga ditiadakan. 😭😭 Sedih rasanya, sepertinya الله melarang kami sholat di rumahNYA 😭😭  Ya Rabb ampuni kami 😭😭

Saat saya menulis ini, kami umat manusia di seluruh dunia sedang dilanda  pendemi virus Corona/Covid19. Virus mematikan ini muncul pertama kali di Wuhan Cina sekitar bulan Desember 2019.  Sayang nya Pemerintah kita saat itu kurang waspada/tanggap lebih tepatnya menganggap remeh wabah ini sejak awal 😔 . Malah ada pembesar negeri ini senam joget-joget yang katanya untuk melawan virus Corona 😡. Harusnya kita belajar saat kejadian virus Flu burung pada tahun-tahun sebelumnya.  Dan anda bisa tebak bagaimana akibatnya saat ini. Kalau anda tidak pernah dengar atau tahu wabah virus Corona/Covid19, silakan cari beritanya di google.

Hari ini adalah hari ke 6 puasa ramadhon 1441/2020 dan hari ke 2 PSBB. PSBB untuk 3 kota di Jawa Timur, Surabaya, Gresik dan Sidoarjo. Apa PSBB itu? Pembatasan Sosial Berskala Besar atau Isolasi atau Lockdown bahasa kerennya. Dan sepertinya tahun ini kami kesulitan untuk mudik/pulang kampung. Karena adanya larangan mudik/pulang kampung dari pemerintah. Dan di bebrepa daerah sudah menerapkan karantina/isolasi 14 hari bagi pendatang baru.
 فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا، إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
"Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan"

Baiklah kita lanjut ketulisan awal kita, Pony AVR Serial Programmer di Windows 10. Memangnya bisa jalan? Sekarangkan jamannya Port USB? Memang masih ada Motherboard yang ada Port serial nya? Mungkin ini adalah pentanyaan anda saat membaca tulisan ini. Saya juga sempat mempertanyakan juga pertanyaan-pertanyaan diatas itu. 
Saya beri tahu ya, AVR Serial Porgrammer di Windows 10 itu ternyata OKE lhooo 👍. Mantab kalau saya boleh ngomong. Jujur saya malah seneng menggunakan Serial Programmer ini dibanding USBASP atau Arduino as ISP.

Oke...oke, Windows 10 bisa jalan. Bagaimana Hardware nya atau komputer atau PC nya? ini 2020 lho?



Bagaimana? saya rasa spesifikasi komputer  ini masih bisa dikatakan layak kan. Tidak terlalu ketinggalan jaman lho. Meskipun proc AMD Ryzen saya ini keluaran tahun 2017. Tapi kalau saya nggak salah ingat saya rakit komputer ini awal 2018.

Baiklah.....Tapi itukan PC Desktop bagaimana dengan Laptop?

Iya 😊 untuk yang satu ini saya mohon maaf, untuk laptop modern saat ini memang tidak bisa. Anda harus beli jadi USBASP atau anda dapat merakit AVR USB Programmer yang menggunakan AT90USB162, seperti Olimex AVR ISP MK2 atau AVR-MKII Clone Programmer

Untuk perangkatnya juga sama seperti yang pernah saya tunjukkan di awal-awal blog saya. Anda bisa lihat disini


AVR Minumum System Board nya juga sama

Untuk 5v, anda bisa membuat regulator AMS1117 atau 7805 seperti ini





Kalau anda mau menambahkan 3v3 juga boleh. Ambil output 5v dari regulator sebagai tegangan input AMS1117 3v3.

 
Ini adalah beberapa foto AVR Serial Programmer saya. Biar ringkas, saya membuat versi mini. 




Untuk AVR Minimum System Board nya tetap yang kemarin. mungkin kedepan saya mau membuat yang versi dua tegangan (3v3 & 5v).



Agar stabil gunakan tegangan eksternal, anda bisa pakai PSU/adaptor 12v. 

Awal-awal saya sering mengalami error programming saat VCC dari Port Serial terhubung bersamaan dengan tegangan 12v dari adaptor/PSU eksternal. Agar proses programming nya berjalan lancar & stabil, gunakan PSU/adaptor eksternal dan pastikan konektor VCC dari Serial Programmer ini jangan dihubungkan ke Minimum Board nya.



Untuk softwarenya juga sama seperti tulisan yang dulu, anda bisa gunakan PonyProg2000 atau AVRDUDE. Bagi anda yang kesulitan dengan perintah text AVRDUDE, gunakan AVRDUDESS GUI. Untuk unduhan komplit semua software nya silakan ambil disini.



Untuk PonyProg2000 jangan lupa seting interface setup (setup - Interface setup). Pilih seperti foto dibawah ini. Untuk nomer COM Port Serial nya silakan lihat di Device Manager komputer anda terlebih dahulu. Kebetulan Serial Port komputer saya menggunakan COM1.


 

Pastikan juga untuk selalu lakukan "Calibration" (Setup - Calibration)


Sedangkan untuk anda yang menggunakan AVRDUDESS set Programmer ke "design ponyprog serial, reset:!txd sck=rts mosi=dtr miso=cts" dan set COM Port nya juga.


Selanjutnya silakan anda coba serial programing ini. Memang agak lambat dibanding USB, tapi Insya Allah stabil kerjanya. Baik lah, saya rasa tulisan saya cukup untuk hari ini. Semoga kedepan saya bisa berbagi ilmu lagi, Insya Allah. 


 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
 







Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan.” (QS. Al-Insyirah : 5-6)


Baca selengkapnya https://muslimah.or.id/11680-menjadi-pribadi-yang-optimis.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIY GORDAK 936A Solder Station (buat sendiri solder station)

T12 Solder Station Analog

DIY PIC K150 Programmer (Merakit Sendiri)