Frequency Counter 2


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Tulisan ini sambungan dari merakit Frequency Counter & Crystal Tester yang pertama. Karena tidak puas dengan FC rakitan pertama, maka saya ingin rakit lagi frequency counter yang lain. Kali ini saya menggunakan PCB lubang, sedangkan untuk crystal tester nya saya gunakan rangkaian oscilator colpitts sederhana.
Frequency Counter 8 Digit
Disamping merakit, sebenarnya saya sudah beli frequency counter yang menggunakan display 8 digit.  Terus terang saya tertarik dengan FC 8 digit ini karena review di youtube. FC ini cukup presisi saat disambungkan ke rubidium frequency.
Kenapa saya rakit FC kalau sudah punya yang lebih presisi? Jawabannya sederhana saja "kepingin punya yang homebrew".  😀😀😀
Rencana FC yang saya beli di lazada ini akan saya jadikan patokan kalibrasi FC yang saya rakit. Kali ini saya mengambil desain RadCom 2006 Oktober frequency Counter - EI9GQ. FC homebrew sedehana ini bekerja di maksimum frekuensi 50Mhz. Untuk artikel nya anda bisa lihat di situs ini.
Sekali lagi desainnya cukup minimalis. Untuk jalur PCB nya bisa lihat gambar.
Desain PCB nya bisa anda unduh disini.
Untuk file awal source code (assembler) dan file hex PIC dengan gate time 1.0S bisa anda ambil disini. Sedangkan source code untuk gate time 100mS silakan ambil disini

Ada juga update source code dan hex versi 2.1 yang mendukung gate time 0.4S, 4.0S, 1.28S dan 12.8S.

Bagi anda yang ingin mengganti crystal 10.240Mhz dengan  crystal 10.000Mhz, silakan unduh versi 2.1-10Mhz

Jujur saya kurang paham bagaimana mengubah gate timenya, terus terang saya hanya butuh gate time 1.0S (versi yang pertama, file "ctr-12.hex" di folder "counter_1.2" ).
Baiklah ini foto FC yang sudah saya rakit.
Untuk bagian crystal tester saya gunakan oscilator colpitts yang saya contoh dari bfo nya bitx 3H punya pak yoke - YC3LVX.

Setelah saya lihat di youtube, skemanya sedikit saya rubah.
Ujung crystal nya langsung ground, resistor 120K & 100K saya ganti 220K & 22. Capasitor 47uF nya saya lepas karena di skema FC sudah ada blok regulatornya.
Selain link-link diatas, semua file nya sudah saya kumpulkan jadi satu. Bila link diatas hilang atau rusak anda bisa ambil disini.

Berikut foto saat FC saat boot kali pertama.
Saat menguji crystal 27.125Mhz
Pas ketemu crystal yang katanya 27.000Mhz 😵😵
Variable capacitor nya saya ubah 40pF agar mudah diputar/trim saat dikalibrasi
Perbandingan setelah di kalibrasi dengan FC yang sudah jadi.
Saat seleksi crystal 10.000Mhz

Semoga tulisan kali ini bisa membantu rekan-rekan yang ingin merakit sendiri Frequency Counter Homebrew.
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Komentar

  1. Balasan
    1. banyak, silakan cari di toped atau buka lapak. ketik pic16f628

      Hapus
  2. apa bisa kalo misalnya ic PIC'nya menggunakan ic bawaan frekuensi counter yg tulisan sebelumnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa pak, anda bisa gunakan ic PIC bawaan dari FC rakitan sebelumnya tapi harus anda flash ulang.

      Hapus
    2. brati kalo langsung di rangkai ga bisa ya mas..
      soalnya sya masih bingung ni cara flasing ic PIC'nya..

      Hapus
    3. saya biasa menggunakan serial port untuk flashing AVR atau PIC. barangkali tulisan ini bisa membantu anda dalam flashing PIC.

      https://meemee-belajar.blogspot.com/2017/04/mikrokontroller-serial-programmer-avr.html

      Hapus
    4. oke mas sya coba dlu..mudah2an brhasil..terima kasih

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIY GORDAK 936A Solder Station (buat sendiri solder station)

T12 Solder Station Analog

DIY PIC K150 Programmer (Merakit Sendiri)