Arduino IDE & Pony AVR Serial Programmer



السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bisa dikatakan tulisan ini sambungan dari tulisan saya sebelumnya "Pony AVR Serial Programmer di Windows 10". Sebagai pengingat dan catatan sekali lagi saat saya tulis ini kami sedang mengalami wabah Virus Covid19/Corona/Pneumonia Wuhan. Dan saat ini kami semua sedang menjalani PSBB (Pembatasan sosial Berskala Besar). Dan kebetulan juga beberapa hari ini saya sedang otak-atik Atmega328P untuk kontroler radio DSP SSB SI4735. Awalnya saya menggunakan USBASP rakitan saya ini untuk programming nya. Setelah beberapa kali saya gunakan, mendadak USBASP rakitan saya tidak dikenali di windows 10 PC saya. Bahkan sempat membuat keyboard USB saya error.  

Sebenarnya sudah banyak yang menulis cara membuat USBASP ini. Tapi tidak ada salahnya nanti saya tulis juga. Nanti tulisan pembuatan USBASP ini akan sedikit berbeda dengan tulisan-tulisan yang lama. Seperti tulisan saya "Pony AVR Serial Programmer di Windows 10", yang pasti nanti pakai komputer AMD Ryzen 5 1600 dan OS Windows 10 x64.


Kembali ke USBASP rakitan, saya coba tancapkan di laptop dan PC lainnya ternyata hasilnya sama. Terkadang sesaat terdeteksi tetapi setelah itu lebih sering tidak terdeteksi. Saya pikir saatnya reflash Atmega8 nya lagi. Ternyata baik saya reflash atau ganti ic ternyata hasilnya sama, tidak terdeteksi. Padahal ini windowsnya dijamin fresh 100% lho!! Kemungkinan ada kerusakan di komponen lainnya. Lain hari akan saya coba cari kerusakannya



Kebetulan saya ada 2 Arduino Uno R3, untuk mempersingkat waktu akhirnya saya putuskan menggunakan Arduino as ISP.



Waktu lihat menu  Programmer (Tools - Programmer) tiba-tiba terlintas fikiran, bisa nggak ya "Pony AVR Serial Programmer" saya di gunakan dengan Arduino IDE.



Seingat saya Arduino IDE menggunakan AVRDUDE untuk Upload file Hex nya. Mulailah proses gali-gali google. Alhamdulillah ketemu bahasan menggunakan Pony AVR Serial sebagai Arduino Programmer. Tapi sayangnya ditulisan lama ini penulisnya sepertinya ada sedikit masalah. Sempat berhasil tapi di Arduino versi yang lama. Ini bahasan mereka diforum Arduino:

https://forum.arduino.cc/index.php?topic=137918.0
https://forum.arduino.cc/index.php?topic=342891.0

Saya baca satu persatu, oooooh ternyata kita bisa mensunting/edit programmer Arduino melalui file "programmers.txt" . Baru tahu kalau bisa sunting programmernya Arduino (harap maklum ya, namanya juga pemula 😅)Kebetulan saya menggunakan Arduino 1.8.12, file ini bisa anda temukan di subfolder Arduino anda. ".....\arduino-1.8.12\hardware\arduino\avr".


UPDATE 12/08/2022
Untuk Arduino terbaru. Bila edit file "programmers.txt" di folder Arduino gagal, edit file "programmers.txt" di folder "C:\Users\.........\AppData\Local\Arduino15\packages\arduino\hardware\avr\1.8.5"


Anda bisa sunting file programmers.txt ini dengan notepad. Saya sempat bandingkan tulisan bigfun di forum Arduino dengan isi file programmers.txt.





terus saya coba tambahkan script seperti ini:

ponyserial.name=Ponyserial
ponyserial.communication=serial
ponyserial.protocol=ponyser
ponyserial.speed=19200
ponyserial.program.protocol=ponyser
ponyserial.program.speed=19200
ponyserial.program.tool=avrdude
ponyserial.program.extra_params=-P{serial.port}



Saya tambahkan di baris paling bawah/akhir. Dan Alhamdulillah ternyata berhasil muncul. 



Baik saat nya untuk kita test serial programmernya. Pastinya uploadnya lebih lama dibanding programmer yang menggunakan port USB.
 

Berhubung saya menggunakan eksternal power supply (adaptor 12V), maka konektor VCC dari 
Pony Serial Programmer nya tidak saya sambungkan/disconnect. Sama seperti tulisan sebelumnya, saya lakukan ini agar proses programming nya berjalan stabil.


Kita awali dengan tes "Burn Bootloader" Arduino Uno.  Jangan lupa!! Port nya dipilih ya! kebetulan Port Serial saya di COM1 dan sekali lagi, gunakan eksternal VCC agar stabil.



Alhamdulillah, bootloader sukses. Berikutnya kita coba dengan sketch sederhana dulu, buka sketch blink.


Pilih "Upload Using Programmer" dan Alhamdulillah "Done uploading" dan led nya sukses berkedip-kedip. ✨🎉






Jadi makin menarik juga Serial Programmer ini. Bahkan di Arduino IDE pun bisa jalan, mantab 👍👍. Insya Allah kita sambung tulisan berikutnya dengan merakit USBASP.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIY GORDAK 936A Solder Station (buat sendiri solder station)

T12 Solder Station Analog

DIY PIC K150 Programmer (Merakit Sendiri)