Recovery MicroSD

Recovery MicroSD


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Akhirnya saya mengalami juga kejadian kerusakan struktur partisi microSD. Gara-gara mencabut microSD dari cardreader terburu-buru di windows. Sebenarnya saya tidak ada keinginan menulis peristiwa ini di blog saya, karena tidak berhubungan dengan hobi elektronika saya. Tapi setelah saya pikir, sebaiknya saya tulis saja cerita ini. Pada tulisan ini saya hanya akan menunjukan 2 software recovery yang gratis tanpa embel-embel. Dan saya tidak akan menulis bagaimana cara recoverynya karena sudah banyak tulisan atau video yang menjelaskan cara recovery dengan 2 software tersebut.

Tampilan saat microSD saya tancapkan

Jujur yang susah bukan cara recovery nya, tapi mencari software recovery yang legal/freeware itu yang susah 😁 Mohon maaf bukan bermaksud sombong apalagi pamer. Dulu hampir semua software yang terpasang di PC saya bisa dipastikan 99% versi "Pak Tani" alias bajakan. Jangankan aplikasi/software nya operating system/Windows aja bajakan 😄😄

Alhamdulillah sekarang sudah berkurang bajakannya 😄 tinggal file-file musik dan filem. Kalau software dan OS sudah legal/original semua. Sekarang sudah cukup banyak software yang gratis yang kualitasnya baik. Untuk alternatif office bisa anda pakai WPA, Onlyoffice, openoffice atau freeoffice. Untuk yang desainer bisa pakai gimp, inkscape, blender atau krita. Dan masih banyak lagi software gratis lainnya. OS windows pun COA nya banyak yang jual murah di toko online. Saya rasa sudah waktunya saya menggunakan software-software asli.  

Kembali ke awal, ternyata mencari software recovery yang gratis dan berfungsi penuh cukup susah juga. Untuk mendapatkan software ini ternyata membutuh beberapa jam untuk menyelam ke mesin pencari google. Ini adalah 2 software gratis yang cukup mampu memperbaiki HDD atau USB Device anda:

1. TestDisk


2. Lazesoft Recovery Suite Home Edition



Unduh alternatif

Buat yang bermasalah dengan partisi yang tiba-tiba hilang/rusak, file yang terhapus secara tidak sengaja atau hdd terformat maka 2 software diatas cukup baik untuk membantu menyelesaikan masalah anda. 

Untuk cara/tutorial recovery anda bisa cari di internet atau lihat video di youtube. Demikian semoga bermanfaat.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIY GORDAK 936A Solder Station (buat sendiri solder station)

T12 Solder Station Analog

DIY PIC K150 Programmer (Merakit Sendiri)